Mengulas pengertian obat, penyakit dan istilah medis lainnya.

Rabu, 26 Oktober 2016

Pengertian dan Penyebab Penyakit Vertigo

Penyakit Vertigo

Apa itu Vertigo?

Vertigo adalah suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau rasa bahwa seolah olah sekeliling kita terasa berputar seperti saat kita habis memutar badan sebanyak 10 kali. Ada kondisi vertigo yang ringan serta tidak terlalu terasa dan ada yang parah sehingga menghambat rutinitas.

Serangan vertigo bisa bervariasi, mulai dari pusing yang ringan dan muncul secara berkala hingga yang parah dan berlangsung lama. Serangan yang parah bisa terus berlangsung selama beberapa hari sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan normal.

Penyebab Vertigo

Mau tau apa penyebab vertigo? Vertigo dibedakan menjadi dua tipe. Yaitu Vertigo Perifer dan Vertigo Sentral.

Jika itu vertigo perifer, itu berarti masalah ada hubungannya dengan keseimbangan dan telinga bagian dalam.

Telinga dibagi menjadi tiga bagian: bagian luar, tengah, dan telinga bagian dalam. Di telinga bagian dalam adalah sistem vestibular, salah satu bagiannya adalah labirin, yang terdiri dari kanalis semisirkularis. Di dalam kanal ada endolymph yang merupakan sejenis cairan. Gerakan cairan ini bertanggung jawab untuk membantu otak menentukan orientasi seseorang dalam hal gerakan.

Vertigo dapat terjadi sebagai akibat dari kondisi atau masalah yang mempengaruhi telinga bagian dalam, khususnya sistem vestibular. Penyebab paling umum dari vertigo perifer adalah BPPV (Vertigo Posisi Paroksismal Jinak). Ini biasanya terjadi ketika ada perubahan mendadak dalam posisi kepala itu. Terjadinya pendek, hanya berlangsung beberapa detik. Peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri juga dapat menyebabkan gangguan keseimbangan, yang dapat menyebabkan vertigo. Ini termasuk peradangan labirin (labyrinthitis) atau vestibular (neuritis vestibular). Ketika vertigo yang disertai dengan gejala yang berkaitan dengan telinga, seperti tinnitus (sensasi telinga berdenging) atau bahkan kehilangan pendengaran, penyebabnya mungkin penyakit Meniere. Hal ini berbeda dari neuroma akustik, yang merupakan kerusakan jaringan telinga bagian dalam. Meskipun juga termasuk tinnitus, di neuroma akustik, hanya satu sisi biasanya terpengaruh.

Vertigo perifer juga dapat berkembang karena obat dan cedera tertentu di telinga dan kepala.

Sementara, vertigo sentral disebabkan oleh masalah yang mempengaruhi otak. Salah satu alasan paling umum adalah penyakit di pembuluh darah, seperti pembentukan bekuan darah atau stenosis (penyempitan pembuluh darah). Alkohol juga dapat menyebabkan vertigo sentral, bersama dengan asupan aspirin yang berlebihan.

Tumor, apakah ganas atau jinak, dapat menciptakan tekanan intrakranial yang dapat menyebabkan gejala termasuk vertigo. Migrain, sakit kepala agak menyakitkan yang mempengaruhi setidaknya satu sisi kepala, sering terjadi bersama dengan pengelihatan yang buruk, mual, dan vertigo.

Dalam kasus lain, kejang, stroke, dan multiple sclerosis (penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menghancurkan myelin yang melindungi saraf) juga terjadi. Saat hal ini berkembang, penyakit ini juga merusak saraf yang mengirimkan impuls yang membantu mengelola keseimbangan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Penyebab Penyakit Vertigo

0 komentar:

Posting Komentar